Tugas Softkill Pengulangan Minggu Ke 2
Pengembangan Kreatifitas Dan
Keberbakatan
Nama
Kelompok
-
Listyo
Tri Aprianto (15513011)
-
Handoko
Susanto (13513879)
-
Rahadian
Priambodo (17513147)
-
Muhammad
Fahmi (15513890)
Teori Psikoanalisa
Psikoanalisa
memandang kreativitas sebagai hasil mengatasi suatu masalah, yangbiasanya
dimulai sejak di masa anak-anak. Priadi kreatif dipandang sebagai seseorangyang
pernah mempunyai pengalaman traumatis, yang dihadapi dengan memungkinkan
gagasan-gagasan yang disadari dan yang tidak disadari bercampur menjadi pemecahan
inovatif dari trauma. Adapun tokoh-tokohnya adalah:
•
Sigmund Freud (1856-1939)
Ia
menjelaskan proses kreatif dari mekanisme pertahanan, yang merupakan upaya tak
sadar untuk menghindari kesadaran mengenai ide-ide yang tidak menyenangkan
atauyang tidak dapat diterima. Sehingga biasanya mekanisme pertahanan
merintangi produktivitas kreatif. Meskipun kebanyakan mekanisme pertahanan
menghambat tindakan kreatif, namun justru mekanisme sublimasi justru merupakan
penyebab utama dari kreativitas.
•
Ernest Kris (1900-1957)
Ia
menekankan bahwa mekanisme pertahanan regresi (beralih ke perilaku
sebelumnyayang akan memberi kepuasaan, jika perilaku sekarang tidak berhasil
atau tidak memberi kepuasaan) juga sering muncul dalam tindakan kreatif.
•
Carl Jung (1875-1961)
Ia
juga percaya bahwa ketidaksadaran memainkan peranan yang amat penting dalam
kreativitas tingkat tinggi. Alam pikiran yang tidak disadari dibentuk oleh masa
lalu pribadi. Dengan adanya ketidaksadaran kolektif, akan timbul penemuan,
teori, seni, dan karya-karya baru lainnya. Prose inilah yang menyebabkan
kelanjutan darieksistensi manusia.
Teori pendorong
1.
Kondisi Internal yang mendorong prilaku kreatif
Menurut
Rogers (dalam Munandar, 2002) faktor internal yang dapat membuat individu
kreatif adalah adanya keterbukaan terhadap pengalaman, kemampuan untuk menilai
situasi patokan pribadi seseorang (internal locus of evaluation), kemampuan
untuk bereksperimen. Ketiga ciri atau kondisi tersebut merupakan dorongan dari
dalam (internal press) untuk berkreasi.
2.
Kondisi Eksternal yang Mendorong Perilaku Kreatif
Menurut
Rogers, penciptaan kondisi keamanan psikologis dan kebebasan psikologis
memungkinkan timbulnya kreativitas yang konstruktif.
Pengertian
Tornace
dan Myres dikutip oleh Triffinger (1980) dalam Semiawan dkk (1987:34)
berpendapat bahwa belajar kreatif adalah “menjadi peka atausadar akan masalah,
kekuarangan-kekurangan, kesenjangan dalam pengetahuan, unsur-unsur yang tidak
ada, ketidak harmonisan dan sebagainya. Mengumpulkam informasi yang ada, membataskan
kesukaran, atau menunjukkan (mengidentifikasi) unsur yang tidak ada, mencari
jawaban, membuat hipotesis, mengubah dan mengujinya, menyempurnakan dan
akhirmnya mengkomunikasikan hasil-hasilnya” . Sedangkan proses belajar kreatif
menurut Torance dan Myres berpendapat bahwa proses belajar kreatif sebagai :
“keterlibatan dengan sesuatu yang berarti, rasa ingin tahu dan mengetahui dalam
]kekaguman,
ketidak lengkapan, kekacauan, kerumitan, ketidakselarasan, ketidakteraturan dan
sebagainya.Belajar kreatif membantu anak menjadi berhasil guna jika kita tidak
bersama mereka. Belajar kreatif adalah aspek penting dalam upaya kita membantu
siswa agar mereka lebihmampu menangani dan mengarahkan belajar bagi mereka
sendiri.Belajar kreatif menciptakan kemungkinan-kemungkinan untuk memecahkan
masalah-masalah yang tidak mampu kita ramalkan yang timbul di masa
depan.Belajar kreatif dapat menimbulkan akibat yang besar dalam kehiduppan
kita. Banyak pengalamankreatif yang lebih dari pada sekedar hobi atau hiburan
bagi kita. Kita makin menyadari bahwa belajar kreatif dapat mempengaruhi,
bahkan mengubah karir dan kehidupan pribadi kita.
Belajar
kreatif dapat menimbulkan kepuasan dan kesenangan yang besar.Jadi kreativitas
belajar dapat diartikan sebagai kemampuan siswa menciptakan hal-hal baru dalam
belajarnya baik berupa kemampuan mengembangkan
kemampuan formasi yang diperoleh dari guru dalam proses belajar mengajar
yang berupa pengetahuan sehingga dapat membuat kombinasi yang baru dalam
belajarnya.
Proses Belajar Kreatif
Proses
pembelajaran pada hakekatnya adalah untuk mengembangkan aktivitas dan
kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan berbagai pengalaman
belajar. Piaget menjelaskan bahwa setiap siswa membawa pengertian dan
pengetahuan awal yang sudah dimilikinya ke
dalam setiap proses
belajar yang harus
ditambahkan, dimodifikasi,
diperbaharui, direvisi, dan
diubah oleh informasi
yang dijumpai dalam proses
belajar. Itulah sebabnya Vygotsky menyatakan bahwa proses belajar tidak dapat
dipisahkan dari aksi
(aktivitas) dan interaksi
karena persepsi dan aktivitas
berjalan seiring secara
dialogis. Ada tiga faktor
yang mempengaruhi kebermaknaan
dalam suatu pembelajaran, yaitu
struktur kognitif yang
ada, stabilitas dan
kejelasan pengetahuan dalam suatu
bidang studi tertentu
dan pada waktu
tertentu. Sehubungan dengan hal
ini, Dahar (1996)
mengemukakan dua prasyarat terjadinya belajar bermakna, yaitu
:
a. materi
yang akan dipelajari harus bermakna secara potensial, dan
b. anak yang akan belajar harus bertujuan
belajar bermakna. Kebermaknaan potensial materi pelajaran bergantung kepada dua
faktor, yaitu :
Ø materi
itu harus memiliki
kebermaknaan logis, dan
Ø gagasan-gagasan yang relevan harus terdapat dalam struktur
kognitif peserta didik.
Menurut
teori belajar kognitif, maka pola pelajaran disusun dengan menggunakan pola
atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks. Pembelajaran model kreatif
dan produktif ini melandaskan pada teori belajar kognitif, salah satunya teori
belajar menurut piaget. Kemampuannya tersebut kedalam tahap-tahap proses
kreatif dari Graham Wallas dalam bentuk langkah-langkah pembelajaran menurut
Piaget sebagai berikut :
a. Menentukan tujuan pembelajaran
b. Memilih materi pelajaran
c. Menentukan topik-topik yang dapat
dipelajari siswa secara aktif
d. Menentukan kegiatan belajar sesuai dengan
topik-topik tersebut (misalnya penelitian, memecahkan masalah, diskusi,
simulasi)
e. Mengembangkan metode pembelajaran untuk
merangsang kreatifitas dan cara berfikir siswa
f. Melakukan penilaian proses dan hasil
belajar siswa
Beberapa
hal yang diperlukan untukmengembangkan proses belajar kreatif, antara lain :
a. Menggunakan imajinasi secara lebih
intensif.
b. Membiarkan pikiran secara leluasa dan
bebas sehingga kegiatan-kegiatan pemecahan masalah dapat dilakukanlebih
efektif.
c. Ada kalanya bahkan denganmembiarkan
menernpuh arah yangmula-mula nampaknya "gila/aneh".
d. Mencari hubungan-hubungan yangberguna di
antara objek-objek yangnampaknya tidak berhubungan sehinggamelahirkan i de-ide
baru yang sebelumnya tak pernah ada.
Mengapa belajar kreatif itu
penting?
Kreativitas
begitu penting dalam hidup manusia. Kenapa? Tanpa kreativitas kita akan larut
dan tergilas roda perubahan. Tanpa kreativitas kita tidak akan mampu bertahan
menghadapi perubahan yang semakin cepat.
Pada
dasarnya, kita semua kreatif. Selama manusia bisa berpikir dengan baik, maka
dia kreatif. Kreatif tidak lebih dari proses berpikir dalam menghasilkan
sesuatu. Menghasilkan bukan berarti dari yang tidak ada menjadi ada, kita bisa
menghasilkan bentuk baru, format baru, bahan baru, dan sebagainya yang “baru”.
Bahkan ada yang mengatakan bahwa kreativitas adalah suatu perjalanan menemukan
sesuatu yang belum ditemukan oleh orang lain.
Menurut
para ahli, seseorang yang kreatif selalu melihat segala sesuatu dengan cara
berbeda dan baru, dan biasanya tidak dilihat oleh orang lain. Orang yang
kreatif, pada umumnya mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin,
biasanya dapat melakukan sesuatu yang menyimpang dari cara-cara tradisional.
Proses kreativitas melibatkan adanya ide-ide baru, berguna, dan tidak terduga
tetapi dapat diimplementasikan.
Sekarang
ini hampir setiap orang mulai dari orang
awam, pemimpin lembaga pendidikan, manajer perusahaan sampai dengan pejabat
pemerintah berbicara tentang pentingnya kreativitas dikembangkan di sekolah,
dituntut dalam pekerjaan, dan diperlukan untuk pembangunan. Harus diakui bahwa memang sukar untuk
menentukan satu definisi yang operasional dari kreativitas, karena kreativitas
merupakan konsep yang majemuk dan multi dimensional. Banyak buku yang membahas
tentang kreativitas, penulis akan menyampaikan beberapa pendapat para ahli
tentang kreativitas yang penulis kutip dari berbagai sumber:
Kreativitas
adalah pengalaman mengekpresikan dan mengaktualisasikan identitas individu
dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan
dengan orang lain. (Clark Moustatis)
Kreativitas
merupakan kemampuan untuk memberi gagasan baru yang menerapkannya dalam
pemecahan masalah. (Conny R. Semiawan).
Kreativitas
adalah kecenderungan untuk mengaktualisasikan diri, mewujudkan potensi,
dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecenderungan untuk
mengekpresikan dan mengaktifkan semua kemampuan organisme (Rogers).
Kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang
sifatnya:
(1) Baru (novel): inovatif, belum ada
sebelumnya, segar, menarik, aneh, mengejutkan.
(2) Berguna (useful): lebih enak, lebih praktis,
mempermudah, memperlancar, mendorong, mengembangkan, mendidik, memecahkan
masalah, mengurangi hambatan, mengatasi kesulitan, mendatangkan hasil lebih
baik/ banyak.
(3) Dapat dimengerti (understandable): hasil
yang sama dapat dimengerti dan dapat dibuat di lain waktu. (David Campbell:
1986)
Dari
beberapa uraian definisi di atas dapat dikemukakan bahwa kreativitas pada
intinya merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik
berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk ciri-ciri aptitude maupun
non aptitude, baik dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah
ada, yang semuanya itu relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
Pengertian kreativitas menunjukkan ada tiga tekanan kemampuan yaitu yang
berkaitan dengan kemampuan untuk mengkombinasikan, memecahkan/menjawab masalah,
dan cerminan kemampuan operasional anak kreatif (Utami Munandar: 2002).
HELM DENGAN SISTEM NAVIGASI
Sistem
navigasi GPS yang terhubung via bluetooth ke layar untuk sepeda motor sudah
ada. Apakah dalam benak anda pernah berpikir memiliki helm yang bisa “bicara”
layaknya dalam film-film seperti ironman, dll? Sebentar lagi helm seperti itu
nampaknya akan segera hadir.
LiveMap,
salah satu perusahaan produsen alat navigasi dari Rusia saat ini telah
mengembangkan teknologi tersebut. Helm tersebut dilengkapi kaca berteknologi
tinggi yang bisa menampilkan gambar penuh warna dan transparan, sehingga tidak
mengganggu pandangan pada saat berkendara.
Sumber
listrik helm tersebut menggunakan dua baterai 3.000 mAh akan menjaga performa
GPS tetap menyala sepanjang perjalanan. Helm juga akan dilengkapi mikrofon dan
earphone untuk menerima dan mengirim perintah suara tanpa menggunakan tangan.
Sensor cahaya juga diletakkan di atas helm untuk mendeteksi cahaya pantulan
dari proyektor sesuai kondisi sinar matahari atau di malam hari.
Selain
itu, masih ada sensor gravitasi, giroskop dan kompas digital untuk disesuaikan
dengan goyangan badan ketika menikung. Bisa saja teknologi ini juga dipakai
untuk pebalap yang membutuhkan data waktu paling akurat dari lap ke lap.
LiveMap
tidak akan menggunakan sistem Android atau pun iOS, namun justru mengembangkan
sistem operasi sendiri guna menjaga biker agar tetap fokus dan tidak terganggu
hal-hal lain seperti video, browsing, dan lain-lain yang bisa membahayakan
perjalanan.
Saat
ini, pengembangan terkendala dana. Karena itulah, LiveMap kini sedang
mengumpulkan dana dari umum. Mereka butuh sekitar 150.000 dolar AS (1,4-an
miliar) agar proyek itu terlaksana.
BAJU EQUALIZER
Kelihatan
unik dan menjadi pusat perhatiandengan kaos sablon bisa dengan banyak cara.
Mulai dari cara sederhana dengan menggunakan gambar atau tulisan unik, kita
juga dapat menambahkan unsur teknologi didalamnya, diantaranya dengan ornamen
LED. perangkat LED yang identik dengan gadget dan alat elektronika kini telah
berkembang lebih jauh lagi. Seperti rancangan gambar di sablon kaos, ornamen
ini kini bisa didesain sangat tipis dan fleksibel, sehingga bisa ditambahkan
diarea depan kaos.
Tidak
cuma menyala, desain sablon kaos beda yang pertama kali di dunia ini bisa
berhubungan dengan pemakainya, terutama jika Kamu seorang penggemar musik.
Karena bagian ini bisa seiring sejalan dengan equalizer, seperti halnya yang
ada di berbagai perangkat pemutar musik pada biasanya. Tak cuma satu dua dan
tiga warna, bagian LED ini memiliki beberapa warna yang beda, yang akan
bergerak seiring detak musik yang sedang diputar.
Spektrum
equalizer akan merespon nada dengan beberapa warna, antara lain hijau, merah,
kuning, biru, pink, ungu, putih, dan lain sebagainya. Selain beda, dengan
memakai kaos ini Kamu dijamin akan menjadi trend setter. T-shirt LED, demikian
brand barang kaos unik ini. diciptakan dengan sensor khusus, perangkat ini
dapat secara sensitif bergerak seiring suara musik yang terdengar (Tanpa
bantuan konektor), disekitar. Dan terdapat sebuah panel khusus yang dapat
diatur, sehingga volume sensitivitas sensor kaos bisa disesuaikan sesuai dengan
keinginan. Tidak cuma itu, selain mengatur volume, di sablon kaos ini juga
terdapat sebuah panel khusus yang fungsinya dapat menghidupkan dan mematikan
bagian LIGHT EMITTING DIODE. Sehingga saat Anda tidak membutuhkan bagian ini
tidak menyala, Anda dapat mematikan terlebih dahulu yang kemudian dapat
dinyalakan kembali sesuai dengan keinginan.
Untuk
bisa menyala, baju ini membutuhkan daya baterai sederhana yang terdapat dalam
satu panel. Bagian ini mudah dilepas, sehingga saat mencucinya arus pendek
listrik dapat dihindari, dan pakaian dapat menyala kembali, meski telah terkena
air. Dalam hal kenyamanan, produk ini tidak hanya ditonjolkan dari sisi
teknologi dan keunikannya. Karena sepintas produk ini diciptakan dengan bahan
layaknya sablon kaos biasa, yakni menggunakan material katun yang lebih dingin
dikulit dan pas digunaan baik dicuaca panas atau dingin. Selain itu, bahan ini
juga gampang menyerap keringat sehingga bersahabat dengan kulit. Tidak cuma
itu, bahan cotton juga dapat meredam panas dengan baik. Sehingga meski LED
menyala agak lama, panas yang dimunculkan tak akan membuat kulit kita gampang
gerah dan tetap merasa dingin lebih lama.
Selain
dapat dipakai artis sebagai salah satu bagian dari penunjang konser, kaos ini
juga dapat Anda pakai dalam keperluan sehari-hari. Terlebih kalau Kamu gemar
pergi ke club malam, dijamin penampilan Kamu lebih Happening. Kaos unik
berteknologi ini kini telah mulai banyak dijumpai di beberapa pasar ritel di
Amerika dan Eropa. Sementara bagi Kamu yang tidak tinggal di sana seperti di
Indonesia, Kamu dapat membeli dan memesannya melalui fasilitas belanja Online.
Desain beragam mulai dari ukuran material pakaian dan motif, membuat barang ini
dijual dengan harga beragam.


.jpg)

Note: Only a member of this blog may post a comment.